Sejarah Komputer

Halo, ada yang tau asal mulanya komputer? Kalau belum, aku bakal jelasin secara singkat disini.

Berawal dari alat unik sederhana yang bernama Abacus atau mungkin biasa disebut sempoa, selanjutnya pada abad ke-17, Jacques Attali Blaise Pascal menciptakan sebuah alat hitung mekanis bernama Pascal's Calculator yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Pascaline.Terinspirasi oleh mesin Pascaline, Gottfried Wilhelm Leibniz menciptakan mesin mekanik yang dinamai Stepped Drum, alat ini kemudian lebih dikenal dengan istilah Leibniz Wheel.
Lalu ada Charles Babbage dari sekian banyak penemuan dan karya ciptaannya yang paling dikenal adalah dengan merancanng dua mesin komputer mekanik pertama di dunia yang menggunakan bilangan desimal (0-9) dalam pengoperasiannya dan dinamai dengan Difference Engine 1821-1832 dan The Analytical Engine 1834-1871. Disamping itu untuk penyempurnaan program pada mesin Analytical Engine karyanya, Babbage juga berkolaborasi dengan matematikawan perempuan bernama Augusta Ada Byron atau lebih dikenal dengan Ada Lovelace (tercatat sebagai programmer komputer pertama di dunia).

Lalu ada The First Bug, yang ternyata ceritanya dulu itu ada komputer yang error, setelah dibongkar ternyata di dalamnya ada seekor serangga. Jadi mulai dari situ kalau ada error dalam komputer sering disebut dengan debugging.

Komputer Generasi pertama

Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara(vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal.

Komputer generasi pertama ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
* Ukuran fisik komputer besar sehinggan memerlukan ruangan yang besar atau luas serta membutuhkan daya listrik yang besar.
* Menggunkan media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drup.
* Kapasitas yang disediakan untuk menyimpan data sangatlah kecil danterbatas.
* Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language) yang hanya mengenal angka 0 dan 1.
* Proses relatif lambat.

Komputer Generasi kedua

Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu, transistor dapat mengganti tabung hampa udara yang digunakan pada komputer-komputer generasi pertama. Dan hal tersebut menghubah semua ukuran mesin-mesik elektrik.

Komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
* Sudah menggunakan transistor untuk sirkutinya.
* Komponen lebih kecil, cepat, hemat energi, dan dapat diandalkan dibanding dengan generasi komputer pertama.
* Tidak lagi menggunakan bahasa mesin tetapi komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assambly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk mengganti kode biner
* Kapasitas memori lebih besar dibanding dengan komputer generasi pertama
* Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik.

Komputer Generasi ketiga

Melihat dari kekurangan transistor membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian Batu kuarsa (quartzrock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilbyseorang insinyur di Texas Instrument, membagikan sirkuit terintegrasi (IC) pada tahun 1958.

Komputer Generasi keempat

Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Mengecilnya ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Intergration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Komputer generasi keempat ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
* Generasi ini sudah memakai Large Scale Integration (LSI)
* Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan processordengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh intel (intel 8080).
* Generasi ini sebagai besar komputer telah menggunakan sistem operasi.

Komputer Generasi kelima

Komputer atau laptop yang kita gunakan sekarang ini merupakan perkembangan komputer generasi kelima. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuanmicroprocessor ke dalam sebuah microprocessor. Selain itu ditandai juga denganmunculnya microprocessor dan semi IC ini meonductor.
Komputer generasi kelima ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
* Banyak kemajuan dibidang desain komputer dan teknologi
* Kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan pararel, yang menggantikan model non neumann.
* Dikembangkannya pada sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

Sumber:
http://www.ilmu-komputer.id/2016/05/sejarah-komputer.html
http://annoerkomputer.blogspot.in/2014/06/personal-computerhistory2.html

Sekian ilmu yang dapat aku sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa minggu depaan! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formula IF dan VLOOKUP

HLOOKUP

Internet of Things (IoT)